Sejenak Merenungi akhlaq


pada bahasan kali ini., saya mengingatkan diri saya sendiri pada khususnya dan masyarakat lain pada umumnya. marilah kita sejenak merenungi tiap liku hidup kita yang berkejaran dengan waktu., akhlaq yang ada di dalam diri kita tidak akan pernah bisa dibeli dengan milyaran uang., akhlaq yang kita punya dalam diri kita merupakan cerminan dari perilaku kita., kali ini akan saya share hadist2 tentang akhlaq semoga bermanfaat untuk semua….

Yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik akhlaqnya. (mutafaq’alaih)

Yang paling kucintai diantara kalian adalah yang terbaik akhlaqnya. (HR. Bukhari)

Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaqnya dan yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik perlakuan kepada istrinya. (HR. Tirmidzi, hasan sahih)

Setiap agama memiliki akhlaq, dan akhlaq Islam adalah malu. (HR. Ibnu Majah, hasan)

Diantara orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya dan yang paling lembut sikapnya kepada keluarganya. (HR. Tirmidzi, hasan)

Sesungguhnya orang mukmin itu dengan kebaikan akhlaqnya bisa meraih derajat orang yang banyak puasa dan shalat.

Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada akhlaq yang baik. Sesungguhnya Allah membenci orang yang berbicara kasar dan menyakitkan. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud, hasan sahih)

Sesungguhnya orang yang paling kucintai diantara kalian dan paling dekat denganlu di hari kiamat adalah yang terbaik akhlaqnya dan yang paling kubenci diantara kalian dan jauh dariku di hari kiamat adalah pembual, orang yang sok fasih bicaranya dan mutafaihiqun. Para sahabat bertanya, ”Ya Rasulullah apakah mutafaihiqun itu?” Rasulullah bersabda, ”Orang yang sombong.” (HR.Tirmidzi, hasan)

Kebajikan adalah akhlaq yang baik. (HR. Muslim)

Orang mukmin itu polos lagi pemurah, sedangkan orang jahat itu penipu agi kikir. (HR. Ahmad dan lainnya, dihasankan Al-Albani)

Mukmin itu yang bergaul di tengah-tengah masyarakat dan bersabar atas gangguan mereka lebih baik daripada mukmin yang tidak bergaul dengan masyarakat dan tidak bersabar dengan gangguan orang. (HR Ahmad, hasan menurut Al-Hafidzh dalam Al-Fath)

Empat hal bila ada pada diri kamu , maka kamu tidak akan merasa berat oleh luputnya dunia darimu, yaitu: ”Kejujuran berbicara, pemeliharaan amanat, akhlaq yang baik dan ’kesucian makanan.” (HR. Ahmad dan lainnya, disahihkan oleh Al-Albani dalam As-Silsilah)

Aku menjamin sebuah rumah di surga paling bawah bagi siapa yang meninggalkan debat meskipun ia benar, sebuah rumah di tengah surga bagi siapa yang meninggalkan dusta meskipun bergurau, dan sebuah rumah di surga yang paling tinggi bagi siapa yang berakhlaq baik. (HR. Abu daud, dihasankan Al-Albani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s