Shisha versus Rokok!!! Bahaya mana?


Bagi kamu2 yang suka nongkrong atawa kongkow bareng temen2 di kafe sambil rame2 menikmati shisha pasti asyik abis kan??? kamu ngerasa jadi anak gaul pastinya. Tapi lebih pastinya gak ada yang pernah menyangka! ternyata menghisap 1 shisha setara dengan 15 hingga 52 batang rokok.. benarkah ini….??? mari kita telusuri…

Hasil penelitian laboratorium nasional Prancis, Laboratoire National d’Essais (LNE), yang disampaikan oleh Agen Antitembakau Prancis (OFT) menyebutkan bahwa menghisap 1 shisha setara dengan 15 hingga 52 batang rokok!!! itu baru kandungan karbon monoksidanya. Sedangkan kandungan tar 1 shisha setara dengan 27 hingga 102 batang rokok! waduh waduh… bahaya juga ya??? bayangkan saja jikalau seseorang sampe gak tau masalah ini, bisa2 berabe!

Ada 3 tipe rokok Arab dari Timur Tengah itu yang dites. Tipe 1 shisha dengan karbon ringan berjumlah sedikit. Tipe 2 shisha dengan karbon ringan berjumlah banyak. Tipe 3, shisha dengan karbon alami bervolume sedikit. dan dalam hal ini para peneliti membandingkan jumlah tar, karbon monoksida dan nikotin.

dan hasilnya…,

Untuk 70 liter asap yang yang diproduksi shisha, tar yang terkandung pada tipe 1 adalah 319 miligram, atau 32 kali melewati batas yang ditetapkan Eropa untuk sebatang rokok.

Sementara shisha 2 mengandung tar 266 miligram, atau 27 kali melebihi batas rokok. Sedangkan shisha tipe 3 mengandung tar 1.023 miligram, atau 102 kali melebihi batas rokok.

Karbon monoksida yang terkandung pada shisha tipe 1 yakni 17 kali melebihi batas rokok, tipe 2 sebanyak 15 kali, dan tipe 3 sebanyak 52 kali.

Kadar nikotin yang terkandung pada shisha tipe 1 dan 2 setara dengan sebatang rokok, sedangkan tipe 3 setara dengan 6 batang rokok.

waduh-waduh… gimana ya jadinya jika gak banyak orang yang tau tentang shisha? bisa bayaha nih??? makanya berhati-hatilah! Pikirin lagi deh kalo mau shisha…

referensi: internet, detik.com, etc.

28 thoughts on “Shisha versus Rokok!!! Bahaya mana?

  1. @tia
    shisha itu mirip rokok, tapi shisha itu berasal dari timur tengah mungkin dari daerah Egypt… pokoknya yang diisep itu lho, yang rasanya bisa pilih juga, bisa strawberry, ataupun yang laen2…

  2. @isyana paramitha oktasari
    salam kenal., ini pertanyaan atao informasi? jadi bingung mau naggepinya kayak apa…

  3. wah..wah..wah…yg bener nih???????
    piye ki,
    aq pernah nyoba shisha e..
    abisna info yg tsebar ‘shisha’ tdk mengandung nikotin dll,,,

  4. @qha_chan
    aku aja kaget waktu pertama baca., masalahnya gini lho.., sebenernya aku juga belum faham shisha itu terbuat dari apa aja., dsb. kalo rokok kan jelas… kalo yang ini aku belum 100% yakin juga..

  5. wehh iya kres, setau aku kalo shisha itu aaman, makanya kaget juga waktu baca ini… paadahal sempet ada rencana mau nyoba, abis wanginya enak, hehehe. thanks buat informnya yahh kres

  6. wah bro, aku udah kecanduan banget ni ama shisha, bahkan tiap malem sebelum tidur dan sesudah tidur pasti aku nyisha dulu. soalnya enak sih, ada rasa strowberi, jeruk, anggur, dan yang terbaru ada rasa cappucino, mmmhhhh nikmat banget. nah setelah baca ini, kok aku gemeteran ya megang shisha, hehehehe semoga aja aku bisa berhenti.

  7. @azer
    berhenti tu gak lansung kok, butuh proses juga

    @M.tau’n Seggaf
    kata orang sih gitu… dulu sempet mau nyoba, tapi gak jadi…

  8. iya bener tuh, untung aku nyobanya baru sekali dan belum tahu infonya, setelah cari infonya kesana dan kemari..sekarang dah ga mau lagi deh ;p

    ps : penasaran pengen nyoba habis shisha rasanya maniss..

  9. aQ buk4n pRok0k tp aQ sUka sHisHa,awaLNa baTuk2 tP Lm kLma4n ga……aQ braNi cB sHisHa soaLna y6 aQ taU sHisHa iTu ga bhYa tP sTLh aQ bCa trNyTa…………………………………………bTw tHx yUpH waT inForMasiNa…………………………………………………………………………………………………….

  10. Pingback: Bahaya ga sih โ€˜shishaโ€™ itu?? « farmakoterapi-info

  11. assalamu’alaykum,,
    numpang komen…
    mnurut saya,,bahaya smua!!!
    oiya, satu lagi,di shisha itu (mmm,,bukannya su’udzon ya,tapi waspada aja)
    kita g akan tau di sana ada bahan2 yang tdk dikehendaki ato tidak(exp:ganja)
    kalo di rokok kan beli sendiri, yang disegel,dan mungkin sudah dipercaya oleh pribadi masing2,
    tapi kalo sisha??

    tapi tetep aja,bahaya semua!!!

  12. aku pernah baca juga di republika tentang artikel ini. DAN TERNYATAAAA!! ADA KABAR BAGUS BUAT PARA PECINTA SHISHAAAA!!! skarang ada rasa shisha yang tidak mengandung TEMBAKAU. jadi ga berbahaya buat kitaaaa…

  13. thanks 4 ur information..
    waduuh sempet shocked jg bca ni ref. soalnya ktnya shisha ga bhya buat ksehatan. duh telat bca ni ref. semalam bru aja nyoba shisha utk ptma x’y..

  14. Shisha tak ubahnya seperti candu yang bikin orang merasa kecanduan ato ketagihan bila tidak mengisapnya. Bagi mereka yang stress / banyak pikiran pasti kalo mengisap shisha bisa melepaskan ketegangan pikiran. Di dalam agama Islam mengisap candu adalah di haramkan. Berarti menghisap shisha juga haram hukumnya. Selain itu shisha jelas berbahaya bagi kesehatan. Coba Bagi mereka pengisap shisha , Sebelumnya Rontgen paru-paru anda. Jika setelah mengisap shisha beberapa bulan rontgen lagi. Nanti akan tahu dampaknya shisha bagi paru-paru anda. Test laboratorium menunjukkan shisha berbahaya. SHISHA adalah alat orang asing untuk menghancurkan Generasi Muda Kita…… Maukah Bangsa Kita Hancur????
    Badan-badan Yang Terkait seperti Badan POM, Dinas Kesehatan, YLKI dan MUI harus tanggap dan bertindak.

    Terimakasih

    Wassalammualikum

  15. klu bisa info ttg shishanya itu disertakan bukti dari lab dong jgn asal ngomong doang, yang pasti setahu saya shisha nicotine nya 0.05% dan no tar, itu tertulis jelas dikemasannya!! dan itu gak bakalan nyandu ‘t just the art of smoking’

  16. stau gue shisa g mngandungg tar / nikotin dh .
    Tp meskipun ad i2 ugga cm sdikiit .

    emg b’bahaya bgd yahh ?

    *cz gue srg shisa .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shisha versus Rokok!!! Bahaya mana?


Bagi kamu2 yang suka nongkrong atawa kongkow bareng temen2 di kafe sambil rame2 menikmati shisha pasti asyik abis kan??? kamu ngerasa jadi anak gaul pastinya. Tapi lebih pastinya gak ada yang pernah menyangka! ternyata menghisap 1 shisha setara dengan 15 hingga 52 batang rokok.. benarkah ini….??? mari kita telusuri… Continue reading

23 thoughts on “Shisha versus Rokok!!! Bahaya mana?

  1. @tia
    shisha itu mirip rokok, tapi shisha itu berasal dari timur tengah mungkin dari daerah Egypt… pokoknya yang diisep itu lho, yang rasanya bisa pilih juga, bisa strawberry, ataupun yang laen2…

  2. @isyana paramitha oktasari
    salam kenal., ini pertanyaan atao informasi? jadi bingung mau naggepinya kayak apa…

  3. wah..wah..wah…yg bener nih???????
    piye ki,
    aq pernah nyoba shisha e..
    abisna info yg tsebar ‘shisha’ tdk mengandung nikotin dll,,,

  4. @qha_chan
    aku aja kaget waktu pertama baca., masalahnya gini lho.., sebenernya aku juga belum faham shisha itu terbuat dari apa aja., dsb. kalo rokok kan jelas… kalo yang ini aku belum 100% yakin juga..

  5. wehh iya kres, setau aku kalo shisha itu aaman, makanya kaget juga waktu baca ini… paadahal sempet ada rencana mau nyoba, abis wanginya enak, hehehe. thanks buat informnya yahh kres

  6. wah bro, aku udah kecanduan banget ni ama shisha, bahkan tiap malem sebelum tidur dan sesudah tidur pasti aku nyisha dulu. soalnya enak sih, ada rasa strowberi, jeruk, anggur, dan yang terbaru ada rasa cappucino, mmmhhhh nikmat banget. nah setelah baca ini, kok aku gemeteran ya megang shisha, hehehehe semoga aja aku bisa berhenti.

  7. @azer
    berhenti tu gak lansung kok, butuh proses juga

    @M.tau’n Seggaf
    kata orang sih gitu… dulu sempet mau nyoba, tapi gak jadi…

  8. iya bener tuh, untung aku nyobanya baru sekali dan belum tahu infonya, setelah cari infonya kesana dan kemari..sekarang dah ga mau lagi deh ;p

    ps : penasaran pengen nyoba habis shisha rasanya maniss..

  9. aQ buk4n pRok0k tp aQ sUka sHisHa,awaLNa baTuk2 tP Lm kLma4n ga……aQ braNi cB sHisHa soaLna y6 aQ taU sHisHa iTu ga bhYa tP sTLh aQ bCa trNyTa…………………………………………bTw tHx yUpH waT inForMasiNa…………………………………………………………………………………………………….

  10. Pingback: Bahaya ga sih โ€˜shishaโ€™ itu?? « farmakoterapi-info

  11. assalamu’alaykum,,
    numpang komen…
    mnurut saya,,bahaya smua!!!
    oiya, satu lagi,di shisha itu (mmm,,bukannya su’udzon ya,tapi waspada aja)
    kita g akan tau di sana ada bahan2 yang tdk dikehendaki ato tidak(exp:ganja)
    kalo di rokok kan beli sendiri, yang disegel,dan mungkin sudah dipercaya oleh pribadi masing2,
    tapi kalo sisha??

    tapi tetep aja,bahaya semua!!!

  12. aku pernah baca juga di republika tentang artikel ini. DAN TERNYATAAAA!! ADA KABAR BAGUS BUAT PARA PECINTA SHISHAAAA!!! skarang ada rasa shisha yang tidak mengandung TEMBAKAU. jadi ga berbahaya buat kitaaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s