KETABAHAN DAN KESABARAN


Kisah seorang manusia yang bergelut dengan hatinya, dia rapuh, dia sedih, dia menangis. Tapi disela2 kegalauannya itu dia selalu berusaha untuk bangkit dan maju demi hidupnya. Sebut saja dia Andi –nama samaran–.

Andi adalah seseorang yang belum dikaruniai kesempurnaan oleh Allah. Dia memiliki kaki, namun kedua kakinya itu tidak bisa menopang tubuhnya layaknya kaki seorang yang sempurna. Kelainan yang mengendap pada kedua kakinya itu ia dapati sejak masih kecil. Memang malang nasibnya itu, namun dalam kemalangannya itu dia selalu berusaha agar selalu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Hati ini begitu trenyuh mendengar penuturannya. Dia ingin merasakan kebahagiaan layaknya seorang lelaki, memiliki buah hati yang bisa dibelai dan memanggilnya bapak. Bukannya dia tidak pernah berusaha, dia selalu berusaha mendekati gadis2 di desanya, akan tetapi dia selalu menemui jalan buntu. Tetapi kekurangannya itu tidak membuat Andi menjadi putus asa. Tetapi justru kadang kekurangannya itu membuat luntur semangatnya, tapi disela-sela air matanya mengalir, keluarganya lah yang selalu memberinya semangat agar ia terus bangkit.

Hari harinya ia lalui dengan mengurus dirinya sendiri, ia tidak pernah mau menyusahkan orang lain, untuk berjalan saja dia menggunakan kedua tangannya, bak orang latihan hand stand saja. Kemanapun ia pergi, ia berjalan dengan kedua tangannya. Tampak terlihat jelas dari guratan otot2 kencang yang tertata pada lengannya yang kekar.

Keteguhan hati seorang yang kurang sempurna fisiknya ini patut kita jadikan pelajaran bagi kita, dengan segala kekurangannya itu ia tidah pernah mau menyusahkan orang lain, lalu bagaimana dengan kita? Kita yang dikaruniai kesempurnaan tetapi justru menyusahkan orang lain, kita justru jarang bersyukur., apakah kita tidak malu dengan Andi? Sikapnya dalam menjalani hidup ini dengan penuh keteguhan hati, penuh dengan kesabaran. Dalam sela sela doanya itu dia menyematkan permohonan kepada Allah agar dia bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain… Bagaimanan dengan kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s