Report: Ujian Statistik-ku Dapet “A”


Sore tadi aku kira akan jadi hari yang indah bagiku karena aku sukses mengerjakan soal ujian Statistika-ku. Akan tetapi…

Ba’da sholat duhur tepatnya pukul 12.45 aku memulai ujian Statistika-ku. Dengan penuh semangat dan penuh harap aku yakin kali ini aku akan keluar dari ruangan ujian dengan senyum yang lebar, senyum penuh kemenangan. Kubuka lembar soal ujianku dengan tenang, dengan mengucap bacaan basmalah aku pun siap membuka lembaran soal-soal yang siap aku taklukkan.

Alhamdulillah, ujian Statistika kali ini open book –buku terbuka–. Serentak dalam hati tercelentuk “ngapai tadi pagi aku habis-habisan belajar? Kalau tahu gini kan mendingan… Argghhh… itu dah terjadi, tugasku sekarang yaitu melibas soal gampang ini, karena aku yakin aku pasti bisa”

Setelah aku lihat dan baca dengan tempoe yang singkat dan seksama, ternyata soalnya “hanya satu”. Wuih sekilas sih seneng banget, tapi… -.-“. Emang sih soalnya cuman satu tapi pertanyaannya bejibun banyaknya. Dengan sedikit analisa logika sepintas aku telah mendapat apa yang aku mau, jalan menuju penyelesaian telah terbuka lebar. Sip! Aku yakin kali ini Perfect! Aku mulai berjuang menyelesaikan soal-soal itu, ini hanya masalah waktu saja pintasku. Dan waktu yang diberikan hanyalah 90menit, waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua itu. Alhasil, aku keluar dari ruang 03.11 dengan penuh senyum kemenangan, aku sukses, Perfecto!

Ujianpun telah usai, dan perutku kini mulai merasa lapar, aku menunda kepulanganku, karena aku nunggu temenku yang bakal meminjami aku buku Kewarganegaraan untuk bahan ujian besok. 15 menit telah berlalu, dan perutku kini sudah tiada meronta-ronta lagi, kini aku melaju menuju kos temenku yang satu itu.

Tak disangka-sangka sesampainya disana aku betemu dengan anak dari dosen Statistika-ku –dosen yang membuat soal ujianku tadi–. Seketika itu ia bertanya kepadaku

“batas klas intervalmu berapa? Jumlah klasnya berapa” maklum orang pintar selalu aja ada yang nanyain..,😛 Seketika itu aku langsung menjawab dengan sigap

“15 dan 6”.”Lho kok?” bukannya gini..^$%^&**)*&%$!@!#@$$%&*&??/…

“Whaaatt… Oh TIDAAAAKKKKK” Moso sih??? Astagfirullah…

“Biasanya kalo bapakku kalo dari awal sudah salah mesti dia kasih nilai E.

Ternyata oh ternyata, nasi sudah menjadi bubur, makanan yang enak bila disantap dengan segelas kopi. Menurut prediksi nilai ujian Statistikaku kali ini bakal bisa dipastikan dapet E. Aku melakukan kesalahan yang FATAL, meskipun itu kecil banget. Aku stresss. KOK BISA? KOK BISA? KOK BISA? KOK BISA???

Kini senyum kemenanganku tadi berubah menjadi pilu dan diam seribu bahasa, aku gemes baget, aku gelo banget, aku ARGGHHH… KOK BISA??? Aku gak habis pikir. Akhirnya akupun menghela sisa nafasku, aku ikhlas, sudahlah itu bakal menjadi pelajaran berarti bagiku untuk selalu inget sama hal2 yang kecil… Bakal aku inget terus kesalahanku ini, Bakal aku inget terus kesalahanku ini, Bakal aku inget terus kesalahanku ini… seperti kata pepatah:

“Orang yang pinter itu bukannya orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tetapi orang yang pinter itu ialah orang yang bisa belajar dari setiap kesalahan yang ia buat supaya nantinya ia tak akan terjatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya”

Kali ini aku memang terjatuh pada suatu lubang tapi tidak untuk lain kesempatan!

6 thoughts on “Report: Ujian Statistik-ku Dapet “A”

  1. mungkin yang perlu di evaluasi lagi,,, beberapa kali ketika aku merasa udah bisa ngerjain soal trus keluar duluan,,ya rada ada perasaan ujub sih :P….alhasil…bijiku malah elek…..

    betewe….udah ada statistika to? tempatku belum ada tu,,,,
    ya emang bener sih. teknik industri emang harus kuat statistikanya….

  2. @nopren
    iya ni., kayaknya aku terlalu pede banget., mungkin ini sedikit sentilan buat aku., dan aku kudu evaluasi lagi… AKU GAK AKAN JATUH KE LUBANG YANG SAMA!

  3. @noe
    masalahku hampir sama dengan-mu noe., mungkin ada perasaan sedikit ujub.

    udah ada kok, sejauh ini masih hampir sama kya SMA, tapi ada tambahan2 dan penjelasan yang oke2…

  4. itu crita beneran ya kres???kirain cuma bohongan.he..he…^-^
    Sing sabar ya.
    ku juga ada ujian statistika, sama waktunya 90 menit, ujiannya ba’da dhuhur,tapi belum tau nilenya berapa…
    Doain ya, nilaiQyu bagus…

  5. wah.. moga aja dosennya ngoreksi mpe akhir …
    semoga UAS bsk sukses n bnr2 dapt nilai A
    hehee…
    aku jg dapet nilai yang jelek si uts ini,, tp ku akui krn emg aku dah g niat leh e bljr.. bahkan ada yg g belajar.. hehee… bnr2,,,😀 (tdk pantas di tiru) ^-^V
    tetep SMANGAT Kresna…!!!!

Leave a Reply

