Mari Kita Bertekad Kawan


Ketika aku masih muda dulu, dan ketika aku bebas berfikir dengan khayalanku, Aku bermimpi.. AKU INGIN MENGUBAH DUNIA!

Namun, seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, telah aku dapati bahwa dunia tidak kunjung berubah jua.

Maka cita-citaku itu kuPERSEMPIT.

Dan kini kuputuskan untuk hanya mengubah negriku, Namun tampaknya itupun tiada hasilnya.

Ketika usia senja mulai kujelang.

Melalui upaya terakhir yang penuh keputusasaan, kuputuskan untuk mengubah hanya keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku, namun alangkah terkejutnya aku, merekapun tak kunjung berubah!!!

dan kini, sementara berbaring di tempat tidurku, menjelang akhir hayatku, baru kusadari…

“Andaikan yang pertama -tama ku ubah adalah DIRIKU SENDIRI, maka lewat memberi suri tauladan yang baik sebagai panutan, mungkin keluargaku bisa aku ubah, dan berkat inspirasi dan dorongan mereka, kemudian aku menjadi mampu memperbaiki negriku dan siapa tahu, bahkan aku juga BISA MENGUBAH DUNIA!!!”

8 thoughts on “Mari Kita Bertekad Kawan

  1. saya jadi ingat salah satu kisah tentang kaisar mongol yang berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Suatu saat ia akan minum air di sebuah air terjun kecil. Burung rajawali kesayangannya selalu memukul tangannya ketika akan meminum air tersebut sehingga dia marah. Ia kemudian membunuh rajawali tersebut. Ia kemudian menyesal setelah mengetahui bahwa sebenarnya rajawali itu hanya ingin memberitahunya bahwa di atas sana, di atas aliran air, ada bangkai ular. Dia menyesal karena tidak dapat melawan dirinya sendiri.

  2. subhanallaah,
    artikelnya bagus skali..

    mungkin saya seringkali sibuk memikirkan,
    mengapa si A atau si B tidak mau berubah?

    padahal kitanya yang terlalu sering melupakan untuk memperbaiki diri sendiri…

    wallahua’lam

Leave a Reply

