Musim Dingin Datang! Tips Jaga Kondisi Tubuh!


wah entahlah kalau di kota-kota lain selain jogja entah di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang atau Jayapura, yang jelas di Jogja sekarang lagi dingin-dinginnya. Nah untuk memproteksi diri kita agar tak terserang penyakit, aku akan membagi sedikit tips dari aku biar kita tetap sehat selalu dan yang pasti aktivitas kan jalan terus…

1. Pake Jaket kalo bepergian kemana-mana biar gak kedinginan

jelas banget, WAJIB! biar tubuh kita hangat dan gak kedinginan. Apalagi bagi orang2 yang tinggal di daerah gunung2 sana…😀 . Jaket juga multi fungsi kok, bisa juga mencegah agar kulit kita terhindar dari sengatan matahari yang berlebih yang bisa mbuat kulit jadi item, jaket juga bisa mbuat kita lebih terkesan “hangat” dimata orang lain, yang ini gak penting😀

2. Kurangi Jam Malam, Kurangi bedagang begadang malam dan kurangi aktivitas malam

yang satu ini sangat gak baik bagi tubuh kita, dari hasil pengamatan-ku akhir2 ini, kebanyakan orang begadang itu kerjaannya cuman: nonton TV, ngrokok, nongkrong di kafe2, ngisep shisya, main kartu, main PS, baca buku, liat konser, main futsal sampe tengah malem, jalan-jalan ke mall, kumpul di pinggir jalan sama genk2 motor, dll. Cobalah dikurangi kegiatan2 diatas demi kesehatan kita bayangin dari semua kegiatan tadi bisa berakibat gak baik bagi tubuh kita, mulai dari pilek, batuk, flu, pusing, masuk angin, paru-paru basah, radang tenggorokan, ngrusak mata, hingga kematian…

3. Minum yang anget2, kurangi minuman yang dingin dan Es

minuman ini banyak manfaatnya, selain bisa mengurangi radang tenggorokan dan kerusakan pita suara, minuman yang anget juga bisa mbuat tubuh jadi anget (halah…😀 ). Banyak kok minuman yang anget-anget di sekitar kita, misal minum air putih deket kompor, anget kan? (bercanda😀 ). Contoh: Minuman Jahe, Bandrex dari Bandung, BAJIGUR, Ronde, Secang (mirip Jahe), teh anget, pokoknya yang anget2…

tapi saranku jangan jeruk anget, soalnya: dulu aku pernah diajarin sama guru kimia-ku, kalo jeruk anget itu nanti vitamin-C nya rusak gara2 panasnya air, so kandungan vit. C nya jadi sedikit, mendingan kalo mau minum yang jeruk jeruk lebih baik pada suhu kamar agar Vit. C yang terkandung didalamnya lebih optimal…

4. Minum Vitamin untukmeningkatkan kekebalan tubuh

nah yang ini juga perlu, salah satunya yang erlu kita konsumsi yaitu vitamin C. Selain minum Vitamin C, kita juga makan buah2an untuk menambah perbendaharaan vitamin C dalam tubuh kita… terutama bagi anak-anak kos, aku kan juga pernah muda, “waktu muda dulu” lumayan jarang yang namanya makan buah, yang ada cuman konsumsi vitamin aja, nah kalo bisa jangan cuman konsumsi vitamin, tai juga buah-buahan…

5. Kalo tidur, pake selimut, kaos kaki, kaos tangan, kaos dalem, baju kaos… (yang ini berlebihan)

kalo perlu aja kita bisa pake kaos kaki waktu tidur, itu kalo kondisi suhu sudah teramat dingin, ohya jangan lupa yang pake AC lebih baik dimatikan saja, selain hemat listrik, suhu sekitar juga dah sama dingiinya kayak AC… tapi yang penting jangan lupa berdoa sebelum tidur, berikanlah sugesti sama diri kita bahwa gak ada kata dingin… dingin itu sugesti lho… (kata siapa???)

6. Yang terakhir, kalo sakit, berobatlah

Nah, gini ni yang bikin ribet kalo kita udah ngrasain sakit, makanya nurut sama nasehat orang tua, jaga kondisi tubuh biar belajar lancar terus. kalo sakit berobatlah, jangan nunggu parah baru mau berobat, kalo gak suka obat, ya tetep berobat dulu biar tau obatnya,😀

wah itu dulu aja, moga bermanfaat, tetap sehat tetap semangat, agar bisa berwisata kuliner lagi…😀

14 thoughts on “Musim Dingin Datang! Tips Jaga Kondisi Tubuh!

  1. musim dingin?
    mandi aer dingin, minum es, makan yang pedes-pedes, pake kaos oblong kemana-mana, tidur pake AC, kalo sakit tidur aja,,,
    heu-heu-heu itu mah kebiasaan saya, soale menutur pengalaman suhu tubuh yang beda antara luar dan dalam tubuh malah jadi penyakit, so suhu dalam tubuh disesuaikan dengan suhu di luar tubuh
    contohnya saat hari panas terik minum es malah tenggorokan radang, enak minum yang anget-anget🙂

  2. sedingin it ya? parah jg yaa….

    jaket salju ada g? klo ada,…berarti musimnya sama kayk disni tuh ;D

    “klo sakit berobat” ya iyaa lah…..hehhhehe🙂

  3. @hafidzi
    wah dinginnya minta ampun., iya nih, habis posting ini aku kok malah sakit.

    @rere
    itu pasti tiap malem… wajib!

  4. @awisawisan
    waalaikumsalam., weh salju? jangan deh, itu kan dingin banget

    @syifa
    wonosobo juga gak kalah dingin, tapi gara2 orang2 sana udah biasa dingin ya jadi gak terlalu kaget, tapi beda dengan orang2 di jogja…

  5. ya iyalah..
    lo kdinginan pasti donk pake’ jaket..

    lo sakit tu,g’usah berobat..
    tunggu ja takdir dari yang maha kuasa..he..he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s