Susahnya jadi romantis


Jikalau kita membicarakan masalah romantis, persepsi yang muncul antara seorang laki-laki dengan seorang wanita bisa jadi berbeda-beda. Dan terkadang jika kita berbicara tentang kata “romantis” tak jarang membuat orang menjadi tersipu malu dibuatnya.

Kalau aku lihat dalam Oxford Learner’s Pocket Dictionary kata “romantic” diartikan sebagai of or having feelings of love, of or suggesting love, adventure and excitement, not practical: very imaginative and emotional. Wuih apa itu artinya ya? Yang jelas romantis itu datang dari suasana yang diinginkan hati kita, dan justru terkadang kitalah yang membuatnya terkesan sangat romantis.

Tapi eits.., romantis yang dibicarakan disini bukan untuk sembarangan orang, bukan untuk pasangan muda-mudi, maupun pemuda-pemudi, dan remaja-remaji:mrgreen: yang dimabuk cinta. Namun yang aku bicarakan disini ialah untuk pasangan yang sudah halal (sudah menikah) maupun yang belum dan yang akan.

Jika sekarang ada sebuah pernyataan: “kebutuhan romantis itu sebenarnya lebih dibutuhkan oleh pihak wanita”. Setujukah anda? Secara pengamatan-ku, wanita memang jauh lebih berperasaan dibandingkan laki-laki (bukan berarti laki-laki tidak punya perasaan!), sehingga membuat wanita lebih ingin merasakan dan membutuhkan suasana romantis dari pasangannya. Mungkin ini salah satu sebab pula mengapa filem/tontonan berbau romantis sangat laris ditonton oleh wanita.

Sering aku bertanya2 kepada diri sendiri (soalnya aku merasa belum romantis), apakah romantis itu harus diekspresikan? Kalaupun iya, seperti apa bentuk romantis itu?

Apakah romantis itu: membuat puisi cinta kepada orang yang kita sayangi, memberi bunga mawar yang berduri, memberikan hadiah2, atau apa sih?

Ini kutipan dari eramuslim 27/10/04:

Sebagaimana wanita, para laki-laki pun perlu merasa romantisme mereka dimanjakan oleh para istri. Seorang istri sebaiknya menyambut isyarat-isyarat gairah suami dengan baik. Jangan sampai ada kesan enggan apalagi jual mahal. Penolakan sama sekali tidak romantis buat laki-laki.

Terlepas dari semua teori tentang romantisme. Romantis adalah sesuatu yang dapat dirasakan dan dinikmati bersama. Baik bentuknya merupakan kontak fisik maupun batin. Adapun Rasulullah SAW yang memanggil Aisyah dengan panggilan sayang Humairo (Yang berpipi kemerah-merahan). Rasul juga mandi bersama Aisyah dan saling berebut gayung dengan mesra. Bahkan Rasulullah SAW begitu melankolis sehingga selalu terkenang-kenang akan Khadijah almarhumah sehingga kerap mengirim hadiah kepada sahabat-sahabat Khadijah semasa hidup. Sense of romance Rasulullah sangat tinggi, beliau selalu memperlakukan para wanita dengan perlakuan terbaik.

Wuih, dalem banget ceritanya… tapi sayangnya aku masih belum begitu paham tentang romantis, mohon bantuannya..😀

36 thoughts on “Susahnya jadi romantis

  1. yuhhuuu….menurut aQ, kebanyakan pria suka menutupi dirinya yang sebenarnta butuh juga di romanti2kan, g tahu knp, tp aQ sering ngerasa seperti itu ke teman2 atau ke mantan2 pacarQ dulu..btw, tp g jarang juga ada cowok yg blak2an menunjukkan klo dia sangat romantis dan melankolis. Tp intinya sich, romantis bukan cm sekedar lwt puisi dan kata2 indah, tp lewat bagaimana memanjakan seseorang, atau memperhatikan seseorang. Gitu kali ya…klo aQ jujur sich masih dalam tahap standar banget..hehe..beda lagi dgn klo yg udan nikah seperti Rasulullah…aQ rasa membangun hal2 romantis dalam rumah tangga itu perlu banget, biar bisa awet selamanya…🙂

  2. betul mas,
    emang susah menjadi romantis
    pria biasanya romantis saat pacaran
    setelah jadi suami tak jarang jadi ‘anarkis’

  3. ada nasehat yang sangat bagus dari ustad badri tentang pasangan hidup :
    Pasangan hidup merupakan cermin dari jati dirinya.
    Bila anda menjadi marah atau benci karena mengetahui adanya kekurangan pada pasangan anda, maka ketahuilah, anda pun memiliki kekurangan serupa atau lainnya, yang mungkin lebih besar dari kekurangannya.
    Bila anda merasa memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pasangan anda, maka ketahuilah, ia pun memiliki kelebihan yang tidak ada pada anda.

  4. Romantis kan suasana, Jadi bisa suasana antara perempuan dg perempuan ato laki dg laki. Nah… yang laki dengan perempuan…??? kalo mahrom ya ga masyalah….

  5. glek….
    itulah rosul….. dimana2 selalu sempurna dimata umatnya … shg kita disuruh mencontohnya😀

    saya blom pernah romantis2an ke cewek…… blom da yang halal euy ..😀

  6. @sarahtidaksendiri
    boleh itu sarannya., wah sudah berpengalaman ya???😀

    @mikenoko
    wekekek…kok anarkis?:mrgreen:

    @fadhl😀 juga

    @abuhuwaidah
    iya betul, wah terimakasih buat nasehatnya…

    @achoey
    wah wah wah…boleh.., terimalah saya sebagai muridmu:mrgreen:

    @cantigi
    mari kita belajar bareng2…

    @mas joko
    ayuuuuk… saling tukar ide2 aja… hehehe

    @novi
    euw… makasih buat masukannya, sangat berguna😀

    @mutiatun
    iya dunk, kalo dah mahram kan emang dah gak masalah, tapi HOW? bagaimana caranya menciptakan situasi romantis? I’m confused

    @jingga
    dasar kamu ini! aku kan emang tak tahu apa2 tentang romantis (nggaya). makanya aku tanya biar lebih profesional nantinya sama mahramku:mrgreen:

    @petak
    kawin? nikah maksudnya… wah wah wah bersabar deh.

    @afwan
    wekekek… sabar ya… belajar romantis dulu aja kayak aku, hehehe😀

    @hanggadamai
    wah belum bisa dikatakan romantis nih…

    @merinda
    berarti otomatis romantis gitu?

  7. —-Romantis itu penting, tapi bukan yang terutama—-
    —-Romantis itu utama, tapi bukan yang terpenting—-

    No Comment ……..
    To be continued………

  8. @nop
    wah wah wah… 2012-2013 ya…:mrgreen:

    @cang
    ___no comment juga dari commentmu___

    @sassie
    wah dasar! sukanya bales aku ya! awas ya… tar aku bales lagi…:mrgreen:

    @ariana
    ya iya donk…

    @italina89
    wah betul juga, kasih sayang ya…

  9. emang ya Rasulullah top cerrrr oi ….

    gimana ngga harmonis rumah tangganya, wah,,,,wah,,,

    romantis yo hm,,,,
    ke alun alun minum wedang ronde, di jogja,,,(asal gak ada ujan gak bechek juga) romantis kali😛

  10. waah…cck3x..kresna…
    postingan merefleksikan hati..hehehe
    wis gek ndang pengen mempraktekan po? haghaghag…
    jgn lp undang2 y…he

  11. romantis tu apaan si?yg isinya buah2han trus dikasih sambel rujak itu ya? (itu romatis ato lutis ya?)
    woo..mas kresna..ketahuan nih..hayoo ngaku mo taaruf sm siapa si?? nahlo..nahlo..😀
    feelings ku si gitu, setelah gw teropong pake sedotan dari atas gunung..😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s