Dikala Dhuha itu Mengingatkanku


Asyhadu an Laa ilaa ha Illallaah… astaghfirullaah… as alukal jannah wa a’udzubika minan Naar…

Di waktu dhuha yang terik itu. Aku memacu kendaraanku melewati jalan yang berliku, dengan kencangnya ku pacu kendaraanku menuju tujuanku. Jam 10 pagi. Setelah ku lepas helm-ku dan ku lepas sandal gunung kesayanganku, aku masuk ke dalam toko itu. Sepintas harumnya menyerbak, membuai, dan menenangkan karena memang itulah yang aku cari, minyak wangi kasthuri…

Sejenak aku melihat-lihat, membau satu per satu, dan merasakan wanginya parfum-parfum itu. Tapi, kok tidak ada ya? Mata-ku jelalatan kesana-kemari, mencoba untuk mencari dan mengamati. Tidak ada. Lemes. Capek. Fiuhhh. Aku tanya sama yang jaga, ternyata memang tidak ada. Entah tidak ada atau stok habis. Aku harap stoknya habis. Ada yang tahu dimana belinya? Parfum kasthuri dari Rehab Store?

Sambil clingukan,,, aku tertarik menuju sisi lain dalam toko itu yang juga menjual buku. Aku masuk. Sepi. Lain halnya dengan sisi sebelah tadi yang ramai pengunjungnya. Di dalam situ aku clingukan lagi, muter-muter, nge-scan daftar buku satu per satu, cari lewat kategori, namun tak sempat tanya… ternyata gak ada juga… buku yang rencananya akan aku hadiahkan kepada istriku-nanti Insya Allah… (gitu kata Mas Fahri). Buku itu judulnya An-Nashihaati Lin-Nisaa’ karya Ummu Abdillah Al-Wadi’iyah.

Sesaat aku mengambil sebuah buku, aku baca, dan telingaku ini tak sengaja mendengar sebuah percakapan antara penjaga dengan seorang pengunjung yang mungkin temannya karena akrabnya mereka. Kurang lebih intinya seperti ini:

Pengunjung: “Assalamualaikum ya akhi”

Penjaga: “waalaikumsalam warahmatullah” –saling berjabat tangan–

Pengunjung: “Kok sepi Akh?” –sambil tersenyum kepada penjaga itu–

Penjaga: “Ya beginilah Akh, orang-orang lebih mementingkan dunia daripada akhirat, lihatlah diseberang sana, yang mereka cari itu untuk kepentingan dunia mereka, namun mereka meninggalkan kepentingan akhirat mereka yaitu mencari Ilmu, masyaAllah…”

Pengunjung: “Inilah tanda-tanda hari Akhir… tatkala ilmu agama Allah akan dicabut dari dunia ini…”

Penjaga: “iya akh, yang mereka cari ya pakaian-pakaian dsb yang merupakan keindahan duniawi bukan buku yang merupakan salah satu sumber ilmu, liat aja, disana ramai sedangkan disini sepi…”

-dalam toko ini emang banyak yang dijual, antara lain: baju koko, gamis, jubah, imamah, sorban, peci, sarung, sajadah, kafiyeh, kurma, habbats, parfum, sandal, jinten hitam, tasjilat, buku2, dll.-

Pengunjung: “hubud dunnya” –sambil sedikit tertawa–

Aku: -dalam hati ini rasanya tertusuk, tercabik, jleb… dan sadar…

Memang benar apa yang dikatakan mereka, aku sadar, aku lalai, masih banyak yang harus aku persiapkan demi kehidupan mendatang, cukupkah waktuku??? Ternyata memang benar, disini sepi (di sisi toko yang menjual Buku dan tasjilat kajian) dan disana (di sisi toko yang menjual selain Buku dan tasjilat) ramai. Ini adalah contoh kecil yang bisa menganalogikan dan menidentifikasikan keadaan dunia ini… Toko2 buku kini memang sepi, namun toko2 yang menjual pernik2 keduniawian kian ramai saja… astaghfirullah…. akhirnya kututup buku yang ku baca. Pulang. Hampa.

5 thoughts on “Dikala Dhuha itu Mengingatkanku

  1. membaca postingan ini juga ‘njleb’ ke hati saya mas kresna.

    Mengapa kepentingan dunia yang fana dan sementara bahkan hanya sekejap saja bila dibandingkan kehidupan yang kekal masih kita lebih pentingkan daripada kepentingan akhirat kita?

    Ya Allah ampuni dosa hambamu yang telah lalai ini. . .

  2. rahmadisrijanto Berkata:
    Oktober 2, 2008 pada 6:07 am

    Kalo kata kang dodot hiatus males nulis,

    Di Blog Kenz disitu dikatakan.. kalo hiatus dalam dunia blogging berarti berhenti sejenak dari dunia perbloggingan.

    Trus sempet nanya juga sih ke mas edo, kalo kata mas edo.. hiatus itu.. ga posting-posting di blog dalam jangka waktu yang lama..

    ternyata intinya hiatus itu ga posting-posting, ntah karena ada ide, ga mood buat nulis, atau emang ada urusan yang lebih penting selaen nge-Blog.

  3. nice posting….
    perasaan aQ meluap2. n terharu bgt dech….*lebay*
    Tp emang bener tuch, mkn jarang aj prg yg menitngin sesuatu yg berbau ‘agama’ bgt…
    Semoga mkn banyak org yg sadar ttg kenikmatan dunia yg hanya semu ini *termasuk aQ*…amin3x

  4. pe er BESARRRR……………..
    BUAT orang yang punya mimpi besar….

    ingatlah,,,masih ada satu masanya…dimana Islam kan kembali berjaya…

    ALLAHUAKBAR!!!!!!

    he8x(baca:heheDELAPANkali ^^V

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s