[SIM #1] IT KPU


Pemilu 2009Pemilu, sebuah kata yang jelas tak asing lagi di telinga kita semua, siapa sih yang tak tahu dan tak kenal pemilu? Singkat kata, pemilu merupakan kependekan dari Pemilihan Umum. Namun untuk lebih jelasnya kita coba lihat penuturan dari Om Wikipedia, beliau menuturkan:

“Pemilihan Umum (Pemilu) adalah suatu proses di mana para pemilih memilih orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan yang disini beraneka-ragam, mulai dari Presiden, wakil rakyat di pelbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa. Pada konteks yang lebih luas, Pemilu dapat juga berarti proses mengisi jabatan-jabatan seperti ketua OSIS atau ketua kelas, walaupun untuk ini kata ‘pemilihan’ lebih sering digunakan. Sistem pemilu digunakan adalah asas luber dan jurdil.” (http://id.wikipedia.org/wiki/Pemilihan_umum).

Nah, jelas kan sudah? Indonesia ini sebentar lagi akan mengadakan perhelatan akbar, yang tak lain dan tak bukan merupakan pemilihan calon RI 1, Presiden Indonesia. Sang pemimpin bangsa yang akan menahkodai bahtera rumah tangga bangsa yang penuh budaya, bangsa yang kaya akan sumber daya, dan bangsa yang besar yang menghargai jasa -jasa para pahlawannya. Namun, pantaskah pemilu ini dijadikan pilihan tuk memilih sang pemimpin bangsa? Apakah Pemilu ini memang menjadi win win solution atas segala permasalahan bangsa ini? Yah, itulah pertanyaan yang acap kali merasuk dan menusuk pikiran ini.

Permasalahan Pemilu

Ada 7 permasalahan dalam Pemilu 2009 mendatang. Untuk itu anggota KPU baik pusat maupun daerah harus melakukan konsolidasi dan pembelajaran secara komprehensif. “Kita akan menghadapi 7 permasalahan dalam pemilu nanti, yakni kurang akuratnya data pemilih, tidak memenuhi persyaratan, dan permasalahan parpol internal,” urai Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di KPU, Jakarta, Sabtu (24/5).

Dulu, ketika belum pemilu pun sudah ada masalah, apalagi sewaktu dan seusai pemilu? akan banyak masalah tentunya. Fakta telah membuktikan, banyak caleg yang strees, pingsan, gila, dan bahkan ada yang meninggal. Tak ayal jika semua ini patut untuk dipertimbangkan lagi. Kembali ke pertanyaan ku sebelumnya, apakah kekuasaan itu alat ataukah tujuan? kenapa orang 2 berlomba2 mendapatkan  kedudukan?

[Download Full Version: IT KPU]

4 thoughts on “[SIM #1] IT KPU

  1. memang benar rasanya apa yang dikatakan mas Fachri, metika orang2 sudah tidak lagi merujukan segala aktivitas dunia ini pada agama, mungkin hasilnya akan berbeda…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s