Pelajaran dari Nasehat kepada Penguasa


La ila ha illallahPelajaran dari Nasehat kepada Penguasa

Al imam Fudhoil bin ‘Iyadh memberi nasehat kepada Khalifah Harun Al Rosyid :

Sesungguhnya ‘Umar bin Abdul Aziz ketika memegang tampuk kekuasaan, beliau memanggil Salim bin Abdullah, Muhammad bin Ka’ab Al Qurdhi, dan Roja’ bin Haiwah, kemudian beliau berkata kepada mereka : “Aku sedang diuji dengan musibah ini (yaitu kekuasaan yang ada pada beliau), maka bermusyawarahlah kalian denganku.” Demikianlah, ‘Umar ibn Abdul Aziz menganggap kekuasaan adalalah suatu musibah, sedangkan Anda (wahai Harun)menilainya sebagai suatu nikmat.

Kemudian Salim bin Abdullah berkata kepada Umar bin Abdul Aziz: “Jika Anda ingin selamat dari adzab Allah, maka berpuasalah dari dunia dan jadikanlah kematian untuk berbuka.”

Muhammad bin Ka’ab berkata pada ‘Umar: Jika engkau ingin selamat dari adzab Allah, jadikanlah orng-orang tua kaum muslimin sebagai ayah dan kalangan mudanya sebagai saudara serta ank-anak kecilnya sebagai putramu.”

Kemudian Roja’ berkata pada ‘Umar: “Jika engkau ingin selamat dari adzab Allah, maka senangilah untuk kaum muslimin apa yang kau cintai bagi dirimu dan bencilahuntuk kaum muslimin apa yang engkau benci bagi dirimu, kemudian matilah engkau jika telah dikehendaki.”

Aku nasehatkan kepadamu wahai Harun: “Sesungguhnya aku benar-benar sangat mengkhawatirkanmu akan suatu hari yang pada hari itu kaki-kaki akan digelincirkan. Maka adakah pada dirimu-semoga Allah merahmatimu- apa yang ada pada diri ‘Umar bin Abdul Aziz? Atau adakah orang yang mengajakmu bermusyawarah sebagaimana mereka ini (bermusyawarah dengan ‘Umar)?

maka Harun Al Rasyid menangis sejadi-jadinya hingga jatuh pingsan.

(dikutip dari Mawaidzh lil Imam Fudhail bin Iyadh hal 122-123)

perhatikanlah wahai saudaraku,,demikianlah keadaannya penguasa muslim pada zaman dahulu. Mereka begitu taatnya dan takutnya dari adzab Allah terhadap apa-apa yang diembannya saat itu. Lalu bagaimankah nasib penguasa-penguasa pada saat ini?? semoga Allah memberikan taufiqNya pada para penguasa dan kita semua,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s