Hari ke 5 Ramadhan, Jagalah Hati


hati yang jernihLangkah langkah ini tertaut dan tertuju. Melihat dan menengadah sembari merasakan indahnya pagi. Mentari tersipu malu menunjukkan wajahnya, malu dan sangat malu. Semut semut kecil berjalan mencari makan. Sang burung berkicau bersahut-sahutan. Dedaunan pun melambai lambai. Ah, indahnya pagi ini, sejuk dan bersih sekali. Teringat sebuah nasehat, “tanaman yang tidak pernah disiram ia akan gersang”. Jadi serasa ingin menyiram tanaman… hihihi…:mrgreen:

alhamdulillah, pagi ini masih bisa merasakan ni’matnya makan sahur, shalat, berjalan, bernafas, hingga menulis. Subhanallah, Alhamdulillah, laa ilaa ha illallaah, Allahu Akbar.

Hati adalah sesuatu yg ada di dl tubuh manusia yg dianggap sbg tempat segala perasaan batin dan tempat menyimpan pengertian, perasaan, dsb.

hati bagaikan tanaman, jikalau hati itu tidak kita sirami maka ia akan gersang dan pada akhirnya ia akan mati. Oleh karena itu, jagalah hati kita, siramilah ia dengan nasehat nasehat, dengan ilmu dan dengan mengingat kepada Allah.

Ibnu al-Qayyim rahimahullah mengatakan dalam kitabnya Bada’i al-Fawa’id [3/743], “Tatkala mata telah mengalami kekeringan disebabkan tidak pernah menangis karena takut kepada Allah ta’ala, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya keringnya mata itu adalah bersumber dari kerasnya hati. Hati yang paling jauh dari Allah adalah hati yang keras.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berdoa kepada Allah agar terlindung dari hati yang tidak khusyu’, sebagaimana terdapat dalam hadits, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari hawa nafsu yang tidak pernah merasa kenyang, dan dari doa yang tidak dikabulkan.” (HR. Muslim [2722]).

Disebutkan oleh Ibnu al-Qayyim di dalam al-Wabil as-Shayyib [hal.99] bahwa suatu ketika ada seorang lelaki yang berkata kepada Hasan al-Bashri, “Wahai Abu Sa’id! Aku mengadu kepadamu tentang kerasnya hatiku.” Maka Beliau menjawab, “Lembutkanlah hatimu dengan berdzikir.” download > Mengapa Hati Membatu <

Semoga hati2 kita ini tertambat hanya kepada-Allah. Berdoalah kepada Allah ‘Azza wa Jalla., download > Syarat Syarat Dikabulkannya doa<

Yaa muqallibal quluub.. tsabbits quluubanaa ‘ala diinika

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tegarkanlah hati-hati kami diatas agama-Mu

Rabbanaa Laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hablanaa miladunkarahmah innaka antal wahhaab

Ya Allah, janganlah Engkau sesatkan hati-hati kami setelah kau beri petunjuk. Dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi.

6 thoughts on “Hari ke 5 Ramadhan, Jagalah Hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s